masyarakat madani


MAKALAH
MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI YANG BERLANDASKAN PANCASILA

OLEH
VERY WIBOWO
1114121196








PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2011




I.                    PENDAHULUAN

 Setiap masyarakat tentulah menginginkan kehidupan yang sejahtera dan diperhatikan oleh pemerintah. Mereka menginginkan kehidupan yang aman dan tentram, tanpa adanya kekacauan yang dialami dalam kehidupan bermasyarakat. Menciptakan masyakat yang aman, tentram dan sejahtera tentu bukan pekerjaan yang mudah, tentu banyak faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut.
Pada saat rasulullah menjadi khalifah di madinah, beliau mampu menciptakan masyarakat yang aman, sejahtera, dan tanpa adanya perbedaan antara kaum mayoritas dan kaum minoritas. Beliau mampu menjalan kan roda pemerintahan dengan sangat baik dan menciptakan masyarakat yang damai. Pada zaman inilah tercipta suatu kehidupan yang seimbang antara satu dengan yang lain, kehidupan sosial yang damai dan sering kita menyebutnya sebagai masyarakat madani. Masyarakt madani merupakan Masyarakat yang sejahtera, bermartabat kemanusiaan yang menghargai HAM, masyarakat yang demokratis yang bermoral religius, serta masyarakat yang bermoral kemanusiaan dan beradab.
Pancasila berperan dalam perubahan masyarakat kearah yang lebih baik. Pacasila selain berfungsi sebagai dasar negara tentu saja berperan dalam cerminan masyarakat indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat yang ideal sebagai warga negara Indonesia. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Oleh karna itu dalam pembentukan masyarat yang madani, pancasila berperan vital dalam terwujudnya masyarakat yang aman, damai dan sejahtera. selain itu manusia yang menjalaninya lah yang harus mulai sadar betapa kehidupan bermasyarakat aman, damai dan sejahteralah yang akan menjadikan mereka lebih baik.

II.                  PERMASALAHAN

Bagaimanakah menciptakan masyarakat madani yang berpedoman pada nilai-nilai pancasila?

III.                PEMBAHASAN

Dalam membentuk negara yang madani bukan pekerjaan mudah tentu membutuhkan dukungan dari merbagai pihak seperti peran pemerintah yang mengatur undang-undang dan tentu saja peran dari masyarakat yang mendukung terwujudnya masyarakat yang madani. Ada faktor-faktor yang diperlukan untuk membangun masyarakat madani diantaranya:
1.      Penghayatan utuh dan pengalaman yang tulus serta dukungan prasarana sosbud
2.      Pergeseran peran pemerintah dari “government” menjadi “governance”
3.      Menjunjung tinggi hukum dan HAM
4.      Keterkaitan iptek, moralitas, jaminan hukum, dan persamaan hak
5.      Etika pluralisme
6.      Pemerintahan yang profesional dan demokratis
 Faktor-faktor inilah yang berperan besar dalam membangun masyarakat madani.
Faktor-faktor diatas juga sangat berkaitan dengan nilai-nilai pancasila  artinya dalam pancasila tidak ada pertentangan untuk terciptanya masyarakat yang madani. Penerapan nilai-nilai pancasila juga harus mulai ditanamkan sejak dini sehingga pembentukan generasi akan lebih terarah dan masyarakat kita mengetahui nilai-nilai pancasila dan dapat menerapakanya dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjunya peran pancasila dalam masyarakat madani adalah memperkokoh sikap masyarakat dalam bertindak dan menjalani kehidupan bermasyarakat, serta menelaah nilai-nilai pancsila sehingga dapat terbentukmya masyarakat yang diinginkan. 

IV.               KESIMPULAN

Berdasarkan uraian diatas tentu saja kita dapat mengambil kesimpulan bahwa terciptanya masyarakat yang madani di negara kita sangat mungkin dapat terwujud, jika seluruh pemimpin dan warga negara kita mau menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila.
 Nilai-nilai pancasila yang ada, tidak bertentangan dengan masyarakat madani yang pernah dicontohkan oleh rasulullah Muhamad SAW, yang dimana terciptanya masyarakat yang aman, tentram dan sejahtera walaupun berbeda suku dan agama mereka tetap bisa hidup harmonis dalam satu negara. Dikarnakan pemimpin yang mampu dijadikan tauladan dan para masyarakat yang menjunjung tinggi keadilan dan aturan yang berlaku pada jaman tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar